Rabu , 26 September 2018
Home / Silet.News / Debat Trump-Hillary Punya Jumlah Penonton Terbanyak Ketiga dalam Sejarah AS

Debat Trump-Hillary Punya Jumlah Penonton Terbanyak Ketiga dalam Sejarah AS

102

Debat ketiga atau terakhir calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Hillary Clinton ditonton sekitar 71,6 juta orang. Angka ini masih berada di bawah jumlah penonton debat pertama, namun ini merupakan jumlah penonton terbanyak ketiga dalam sejarah debat capres AS.

Lembaga penghitungan rating ternama, Nielsen, mulai melakukan analisis dan menghitung jumlah pemirsa televisi dalam setiap debat capres AS sejak tahun 1976. Demikian seperti dilansir Reuters, Jumat (21/10/2016).

Debat capres antara Presiden Jimmy Carter dari Partai Demokrat dengan penantangnya dari Partai Republik, Ronald Reagan pada tahun 1980 mampu menarik perhatian 80,6 juta pemirsa. Jumlah itu ada di posisi kedua dalam daftar jumlah penonton terbanyak dalam sejarah debat capres AS.

Posisi pertama dipegang oleh debat capres pertama antara Trump dan Hillary pada 26 September lalu, yang menarik perhatian total 84 juta pemirsa. Jumlah itu, menurut Nielsen, merupakan yang terbesar dalam sejarah debat capres AS.

Jumlah penonton pada debat kedua yang digelar pada 9 Oktober lalu hanya mencapai 66,5 juta pemirsa. Sebabnya, debat kedua digelar bersamaan dengan tayangan olahraga ternama di AS, ‘Sunday Night Football’ yang banyak pemirsanya.

Data-data yang disuplai Nielsen ini mencakup para pemirsa yang menonton debat capres ketiga pada Rabu (19/10) waktu setempat, pada empat stasiun televisi utama AS, ditambah sembilan jaringan televisi kabel dan publik.

Data Nielsen ini juga hanya menghitung mereka yang menonton debat lewat televisi di rumah, tidak termasuk jutaan orang lainnya yang menonton debat secara online, melalui media sosial atau menonton di bar serta restoran setempat.

Debat capres ketiga yang digelar di Las Vegas ini, dimoderatori oleh presenter berita Fox News Chris Wallace. Ini merupakan pertama kalinya bagi Fox News yang merupakan jaringan televisi kabel, mengerahkan jurnalisnya dalam debat capres AS.

Jumlah pemirsa jaringan Fox News pun jauh lebih banyak dibanding televisi AS lainnya, yakni ditonton 11,2 juta pemirsa. Televisi AS lainnya, seperti ABC dan NBC masing-masing ditonton lebih dari 10 juta pemirsa, saat debat ketiga berlangsung.

Sementara itu, cukup wajar bagi debat kedua dan ketiga untuk menarik perhatian lebih sedikit pemirsa televisi, karena pada dasarnya kebanyakan pemilih di AS telah menentukan pilihannya sejak awal.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Jokowi-Yakin-Ragam-Bantuan-dari-RI-Tepat-untuk-Keperluan-Rohingya

Jokowi Yakin Ragam Bantuan dari RI Tepat untuk Keperluan Rohingya

Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan untuk etnis Rohingya yang terusir dari Rakhine State, Myanmar. Jokowi …

Jokowi-Hadiri-Dies-Natalis-Unpad-ke-60

Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad ke-60

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan 60 tahun berdirinya Universitas Padjadjaran (Unpad). Jokowi juga akan …

Edho-Zell,-YouTuber-'Sejuta-Umat'-yang-Merangkak-dari-Nol

Edho Zell, YouTuber ‘Sejuta Umat’ yang Merangkak dari Nol

Dulu pria ini berprofesi sebagai mc keliling dan pernah memiliki cita-cita besar, yaitu tampil di …