Kamis , 14 Desember 2017
Home / Silet.News / Kapolri Menjelaskan Tentang Pengakuan Jessica ‘Digoda’ Penyidik Polda Metro

Kapolri Menjelaskan Tentang Pengakuan Jessica ‘Digoda’ Penyidik Polda Metro

76

Jessica Kumala Wongso buka-bukaan di depan majelis hakim. Salah satu pengakuannya adalah ketika Jessica merasa diintimidasi ‘digoda’ Polda Metro Jaya. Apa tanggapan Kapolri?

“Kadang-kadang penyidik itu memiliki banyak trik sekali untuk melakukan pendekatan dalam rangka untuk membuat tersangka menjadi mengaku. Dalam praktek kadan-kadang jarang ada yang tersangka yang mengakui,” ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam acara bakti sosial di Marunda, Jakarta Utara, Kamis (29/9/2016).

Tito menjelaskan, hal itu diperbolehkan dalam ruang lingkup penyidikan. Menurutnya, itu wajar saja untuk mencari pengakuan seorang tersangka.

“Tersangka jarang (mengakui) kalau buktinya fifty-fifty atau buktinya telak, yang telak pun kadang-kadang tidak diakui. Jadi polisi pun mengembangkan teknik-teknik untuk melakukan pendekatan, seringkali begitu,” ucapnya.

Mantan Kapolda Metro ini juga menjelaskan, dalam penyelidikan dan penyidikan dibutuhkan tekanan psikologi. Bahkan hingga tingkat penyidikan dibutuhkan permainan piskologis.

“Itu kan permainan psikologis, pada waktu pemeriksaan itu permainan psikologis, sama kalau seperti kita ikut sidang kemarin, antara penasihat hukum, jaksa, itu kan bagaimana mereka berusaha meyakinkan hakim,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam sidang pemeriksaan terdakwa, Jessica mengaku mengalami hal yang tidak mengenakan dalam pemeriksaan. Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan disebut-sebut dalam persidangan Jessica Kumala Wongso. Jessica menyebut, Herry yang saat itu adalah Kasubdit Jatanras Polda Metro sempat menyatakan bahwa dia adalah tipe perempuan Herry.

Jessica juga bercerita mengenai pertemuannya dengan Kombes Krishna Murti yang saat itu menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum. Jessica menuturkan, Krishna sempat mengatakan dia mempertaruhkan jabatan saat menjadikan Jessica sebagai tersangka.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Jokowi-Yakin-Ragam-Bantuan-dari-RI-Tepat-untuk-Keperluan-Rohingya

Jokowi Yakin Ragam Bantuan dari RI Tepat untuk Keperluan Rohingya

Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan untuk etnis Rohingya yang terusir dari Rakhine State, Myanmar. Jokowi …

Jokowi-Hadiri-Dies-Natalis-Unpad-ke-60

Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad ke-60

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan 60 tahun berdirinya Universitas Padjadjaran (Unpad). Jokowi juga akan …

Edho-Zell,-YouTuber-'Sejuta-Umat'-yang-Merangkak-dari-Nol

Edho Zell, YouTuber ‘Sejuta Umat’ yang Merangkak dari Nol

Dulu pria ini berprofesi sebagai mc keliling dan pernah memiliki cita-cita besar, yaitu tampil di …