Kamis , 14 Desember 2017
Home / Silet.News / Keluarga Belum Dapat Kabar Pemindahan Baasyir ke Gunung Sindur

Keluarga Belum Dapat Kabar Pemindahan Baasyir ke Gunung Sindur

104

Kabar rencana pemindahan Abu Bakar Baasyir dari LP Pasir Putih Nusakambangan ke Lapas Gunung Sindur, beredar pagi ini. Bahkan informasi dari dalam Lapas mengatakan proses pemindahan sudah berlangsung. Namun sejauh ini pihak keluarga belum mendapat pemberitahuan apapun terkait rencana itu.

“Belum ada pemberitahuan. Bahkan lawyer juga tidak diberitahu. Kita malah tahunya dari media. Kalaupun benar akan dipindahkan, kami juga bingung akan dipindah kemana,” ujar putra Baasyir, Abdul Rochim Baasyir atau akrab disapa Iim saat dihubungi di Solo, Sabtu (16/4/2016).

Sebelumnya, Iim megaku pada hari Rabu lalu dirinya menjenguk ayahnya ke LP Pasir Putih Nusakambangan. Kepada Iim, saat itu Baasyir juga tidak menceritakan tentang kabar bahwa dalam waktu dekat dia akan dipindahkan ke LP Gunung Sindur, Bogor, seperti yang dikabarkan. Iim menduga kemungkinan ayahnya saat itu juga belum mengetahui jika akan dipindahkan.

Selama ini, kata Iim, keluarga memang juga tidak pernah diberitahu jika Ba’asyir akan dipindahkan. Kemungkinan Ba’asyir juga tidak mengetahui secara pasti rencana pemindahan itu. Caradaftarsbobet.me

“Pemerintah selama ini memindah-mindahkan beliau juga tidak pernah memberitahu kami, baru setelah dipindahkan biasanya ada pemberitahuan. Kami dari keluarga ini merasa seperti tidak pernah dianggap. Namun memang kemarin saat saya jenguk, beliau menerima beberapa tamu. Katanya dari BNPT. Saya tidak tahu yang dibicarakan, apakah terkait rencana pemindahan itu atau bukan,” kata Iim.

Namun demikian Iim berharap di Lapas yang baru nanti, ayahnya diperlakukan lebih manusiawi dan diperbolehkan menjalankan peribadatan agamanya. Harapan itu terkait dengan keluhan Baasyir kepadanya setelah ditempatkan di Lapas isolasi. Kepada Iim, Baasyir mengeluhkan tidak diperbolehkan lagi menjalankan sholat berjamaah dan sholat Jumat. Menurut Iim larangan itu sudah keterlaluan memang, karena dilarang menjalankan perintah agama.

“Semoga di tempat yang baru nanti diperlakukan lebih layak, menjaga hak-hak beliau dan diperlakukan secara manusiawi. Diperbolehkan beribadah, serta pengawasan privasi tidak berlebihan. Kalaupun beliau memang harus menjalani sisa hukuman tetaplah negara menjamin hak-hak beliau dan menempartkan beliau pada kadarnya, jangan kemudian semena-mena melanggar hak pribadi beliau,” ujar Iim.

Pagi ini, kesibukan terlihat di Dermaga Wijayapura Cilacap, lokasi penyeberangan dari Pulau Nusakambangan ke Cilacap. Puluhan Brimob berjaga. Pihak LP maupun Kemenkum HAM belum memberikan keterangan resmi terkait pemindahan Baasyir.

 

Informasi berita hari ini dan Gossip bisa baca di situs ini !!

Check Also

Keluarga-Militan-ISIS-Dianggap-Berpotensi-Ancam-Keamanan-Australia

Keluarga Militan ISIS Dianggap Berpotensi Ancam Keamanan Australia

Perlakuan terhadap keluarga anggota kelompok ISIS manapun ternyata menimbulkan masalah besar bagi badan keamanan Australia, …

Jokowi-Yakin-Ragam-Bantuan-dari-RI-Tepat-untuk-Keperluan-Rohingya

Jokowi Yakin Ragam Bantuan dari RI Tepat untuk Keperluan Rohingya

Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan untuk etnis Rohingya yang terusir dari Rakhine State, Myanmar. Jokowi …

Jokowi-Hadiri-Dies-Natalis-Unpad-ke-60

Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad ke-60

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan 60 tahun berdirinya Universitas Padjadjaran (Unpad). Jokowi juga akan …