Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Silet.News / Pemilu Filipina Diwarnai Aksi Penembakan

Pemilu Filipina Diwarnai Aksi Penembakan

421

Pemilihan umum yang tengah digelar secara nasional di Filipina diwarnai aksi kekerasan. Sekelompok pria bersenjata menembaki konvoi kendaraan selang beberapa jam sebelum pemungutan suara dimulai dan menewaskan 7 orang.

Seperti dilansir AFP, Senin (9/5/2016), aksi penembakan ini terjadi sebelum subuh di kota Rosario yang berada di selatan ibukota Manila. Kepala Inspektur satuan tugas kepolisian khusus pengawas kekerasan pemilu, Jonathan del Rosario, menyebut sekelompok pria bersenjata menembaki mobil jeep dan dua sepeda motor yang berkonvoi.

Penembakan ini menewaskan tujuh orang dan melukai satu orang lainnya. Motif penembakan ini, menurut del Rosario, belum diketahui pasti.

Namun, sebut del Rosario, insiden ini terjadi di Provinsi Cavite, yang oleh otoritas pemilihan umum setempat diidentifikasi sebagai ‘zona mengkhawatirkan’ karena maraknya pertikaian politik.

Disampaikan satuan tugas pengawas kekerasan pemilu sebelumnya bahwa 15 orang tewas dalam serangkaian insiden terkait pemilu sejak awal tahun ini. Kendati demikian, masih banyak kasus kekerasan lainnya yang belum dinyatakan terkait pemilu.

Jutaan warga Filipina akan menggunakan hak suara mereka dalam pemilihan umum pada Senin (9/5) ini. Pemilihan umum ini digelar secara nasional untuk memilih pemimpin baru, mulai dari presiden hingga dewan kota setempat.

Ada lima kandidat yang akan dipilih rakyat Filipina untuk menggantikan Benigno Aquino, yakni Rodrigo Duterte — wali kota Davao yang dikenal kontroversial karena pernyataannya soal pemerkosaan, Manuel Roxas — mantan Menteri Dalam Negeri yang didukung Presiden Aquino, Grace Poe — senator Filipina, Miriam Santiago — juga seorang senator Filipina dan Jejomar Binay yang kini menjabat Wakil Presiden Filipina.

Pemungutan suara dimulai sekitar pukul 06.00 waktu setempat dan akan ditutup 11 jam kemudian. Ketua komisi pemilihan umum Filipina menyebut hasil pemungutan suara akan diketahui dalam jangka waktu 24 jam hingga 3 hari.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Jokowi-Yakin-Ragam-Bantuan-dari-RI-Tepat-untuk-Keperluan-Rohingya

Jokowi Yakin Ragam Bantuan dari RI Tepat untuk Keperluan Rohingya

Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan untuk etnis Rohingya yang terusir dari Rakhine State, Myanmar. Jokowi …

Jokowi-Hadiri-Dies-Natalis-Unpad-ke-60

Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad ke-60

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan 60 tahun berdirinya Universitas Padjadjaran (Unpad). Jokowi juga akan …

Edho-Zell,-YouTuber-'Sejuta-Umat'-yang-Merangkak-dari-Nol

Edho Zell, YouTuber ‘Sejuta Umat’ yang Merangkak dari Nol

Dulu pria ini berprofesi sebagai mc keliling dan pernah memiliki cita-cita besar, yaitu tampil di …