Rabu , 13 Desember 2017
Home / Silet.Ragam / Peneliti Jepang Sebut Sarapan Es Krim Mental Anak Lebih Baik

Peneliti Jepang Sebut Sarapan Es Krim Mental Anak Lebih Baik

136

Makan es krim biasa dilakukan di siang hari. Peneliti Jepang justru menyebut sarapan es krim bikin mental anak kuat.

Setelah kopi, kini es krim disebut juga dapat tingkatkan kinerja jika dimakan saat sarapan. Dikabarkan oleh en.rocketnews24.com (23/11/16), hal tersebut diungkap oleh sebuah penelitian Yoshiko Koga, seorang profesor dari Tokyo’s Kyorin University.

Koga adalah spesialis dalam psikofisiologi, termasuk untuk pilihan makanan penghilang stres dan anti penuaan. Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari studi dengan produsen utama camilan manis di Jepang.

Penelitian kali ini menguji sekelompok orang untuk makan es krim tepat setelah bangun di pagi hari. Efek langsungnya, tidak diragukan, membuat Koga menjadi teman baik semua peserta.

Hasil pentingnya, otak para peserta menunjukkan peningkatan gelombang alpha berfrekuensi tinggi. Gelombang ini berhubungan dengan peningkatan kewaspadaan dan mengurangi iritasi mental.

Saran sarapan dengan es krim terdengar seperti mimpi anak-anak yang menjadi nyata. Koga berhasil mengungkap bahwa hal tersebut juga bermanfaat pada orang dewasa.

Setelah makan es krim di pagi hari, peserta melakukan serangkaian kegiatan menggunakan komputer dan menampilkan waktu reaksi lebih cepat serta kemampuan mengolah informasi lebih baik dibanding kelompok kontrol di studi ini.

Tentu, es krim, karena sifatnya, harus disajikan dingin, jadi beberapa orang mungkin berspekulasi bahwa dorongan mental di pagi hari hanya hasil dari otak yang terkejut kemudian menjadi terjaga berkat stimulus bersuhu rendah.

Oleh karena itu, Koga mengulang eskperimennya dengan mengganti es krim menjadi air dingin. Hasilnya, walaupun ada beberapa manfaat pada performa mental, efek tersebut masih lebih kecil dari eskperimen pada grup es krim.

Namun, Koga belum mengumumkan hubungan jelas antara peningkatan kinerja otak dengan es krim yang disediakan dengan jenis bahan tertentu yang terkandung dalam es krim.

Dengan demikian, ada kemungkinan efek yang sama bisa dihasilkan dengan memulai hari melalui beberapa kegiatan menyenangkan. Seperti olahraga ringan, main video game atau membaca berita lucu di media sosial.

Perlu dicatat, Koga tidak menyarankan Anda untuk bangun kemudian memakan seluruh kotak es krim. Peserta hanya diberi 3 sendok makan es krim dalam penelitian ini. Jadi sebelum mencoba di rumah, Anda mungkin butuh kontrol diri, karena begitu sulit berhenti makan es krim.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Mi-Note-3-Meluncur-Bareng-Mi-Mix-2

Mi Note 3 Disiapkan Untuk Diluncurkan Bersamaan Mi Mix 2

Xiaomi tidak hanya akan merilis Mi Mix 2 dalam waktu dekat. Ponsel Mi Note 3 …

Pembuat-Film-Harus-Melek-Teknologi-360

Pembuat Film Harus Melek Teknologi 360

Seorang sutradara tidak hanya harus piawai mengarahkan film. Mereka pun harus mengikuti dan memahami kemajuan …

Naik Jet Pribadi dari Singapura, Luhut Jajal Bandara Silangit

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan ‘mendaratkan’ penerbangan internasional di Bandara Silangit, Sumatera Utara, …