Rabu , 20 September 2017
Home / Silet.News / Saksi Ahli Tim Jessica Menjelaskan Tidak Mungkin Pembunuhan Berencana Tidak Ada Motifnya

Saksi Ahli Tim Jessica Menjelaskan Tidak Mungkin Pembunuhan Berencana Tidak Ada Motifnya

52

Sidang lanjutan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Terdakwa Jessica Kumala Wongso, kali ini menghadirkan saksi ahli pidana Dr Mudzakir, UII Yogyakarta. Dalam kesaksiannya Mudzakir mengatakan kasus pembunuhan harus memiliki motif.

“Dalam perbuatan pidana apalagi sengaja, itu harus ada (motif). Tidak mungkin dalam hukum pidana tidak ada motif. Karena kalau sengaja berarti ada niat dan itu bagian dari untuk membangun motif,” ujar Mudzakir, di persidangan yang digelar di PN Jakpus, Jl Bungur Besar Raya, Senin (26/9/2016).

Mudzakir mengatakan, perbuatan sengaja dalam pasal 338 KUHP atau 340 KUHP tentang pembunuhan berencana adalah perbuatan sengaja. Sehingga, dia menegaskan tidak mungkin bila suatu pembunuhan dilakukan tanpa ada niat dan motif.

“Jadi itu harus dibuktikan motifnya apalagi itu dalam bentuk kesengajaan. Terlebih dalam pasal pembunuhan berencana yang direncanakan lebih dahulu,” ucapnya.

Dia menjelaskan, motif itu bagian dari niat pelaku ketika untuk membunuh, Oleh karena itu, bila pelaku tidak memiliki motif maka hal itu bisa saja bukan pembununan yang disengaja dan tidak termasuk dalam pasal 338 dan 340 KUHP.

“Tidak mungkin (tidak ada motif) karena kalau orang mau sengaja melakukan sesuatu harus ada niat dan niat ini adalah bagian membuat motif,” ucapnya.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Jokowi-Yakin-Ragam-Bantuan-dari-RI-Tepat-untuk-Keperluan-Rohingya

Jokowi Yakin Ragam Bantuan dari RI Tepat untuk Keperluan Rohingya

Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan untuk etnis Rohingya yang terusir dari Rakhine State, Myanmar. Jokowi …

Jokowi-Hadiri-Dies-Natalis-Unpad-ke-60

Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad ke-60

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan 60 tahun berdirinya Universitas Padjadjaran (Unpad). Jokowi juga akan …

Edho-Zell,-YouTuber-'Sejuta-Umat'-yang-Merangkak-dari-Nol

Edho Zell, YouTuber ‘Sejuta Umat’ yang Merangkak dari Nol

Dulu pria ini berprofesi sebagai mc keliling dan pernah memiliki cita-cita besar, yaitu tampil di …