Saturday , July 22 2017
banner 728 x 125
Home / Silet.News / Tiga Pelaku Bom Bunuh Diri Bandara Istanbul Terekam CCTV

Tiga Pelaku Bom Bunuh Diri Bandara Istanbul Terekam CCTV

46

Tiga pengebom bunuh diri di bandara Ataturk, Istanbul, Turki diidentifikasi sebagai warga Rusia, Uzbekistan dan Kyrgyzstan. Ketiga pelaku sempat terekam kamera CCTV di bandara sesaat sebelum beraksi.

Disampaikan sumber pejabat senior Turki kepada CNN, Jumat (1/7/2016), ketiga pelaku diketahui masuk ke wilayah Turki sekitar satu bulan yang lalu dari Raqqa, Suriah. Sumber itu juga menyebut, ketiga pelaku membawa serta rompi peledak dan bom yang akan digunakan dalam serangan di wilayah Turki.

Dijelaskan sumber pemerintahan Turki, para pelaku menyewa apartemen di distrik Fatih, Istanbul. Di lokasi yang sama, salah satu pelaku meninggalkan paspornya. Polisi Turki mendatangi distrik Fatih dan menunjukkan video serta foto ketiga pria yang diyakini sebagai pelaku, kepada warga setempat.

“Serangan itu direncanakan dengan baik, dengan keterlibatan pimpinan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria),” sebut sumber itu.

Keterangan sejumlah warga distrik Fatih menyebut, salah satu foto pelaku yang ditunjukkan polisi ialah foto yang diambil dari rekaman video CCTV di bandara. Foto itu menunjukkan tiga pria yang mengenakan jaket tebal dan membawa tas. Dua pria di antaranya memakai topi, sedangkan satu pria lagi tidak.

45

Salah seorang warga Fatih, yang juga agen real estate Bekir Yar Emlak mengaku dirinya menuturkan kepada polisi, bahwa pria-pria di dalam foto itu merupakan pria yang tinggal di apartemennya. Warga yang tidak menyebut namanya ini, mengaku kaget menyadari ketiga pria yang tinggal di apartemennya ternyata pelaku serangan teror.

Warga setempat lainnya, Mustafa Elsan, yang punya garasi di sebelah apartemen Bekir Yak Emlak, juga ditunjukkan foto pelaku oleh polisi. Elsan menuturkan, dirinya pernah melihat salah satu pria dalam foto itu merokok di jendela apartemen di lantai satu, yang tirainya hampir selalu tertutup.

Sedangkan seorang wanita yang tinggal di gedung apartemen yang sama, mengaku sempat mencium bau-bau zat kimia beberapa hari lalu dari apartemen yang ditinggali pelaku. Bau itu membuat penghuni apartemen lainnya bertanya-tanya apakah ada kebocoran gas di gedung apartemen itu.

Pada Kamis (30/6), seorang pejabat Turki yang enggan disebut namanya mengkonfirmasi kewarganegaraan ketiga pengebom bandara Ataturk. Ketiga pelaku disebut berasal dari Dagestan, Rusia, kemudian dari Uzbekistan dan Kyrgyzstan. Kementerian Luar Negeri Kyrgyzstan meragukan salah satu warganya terlibat aksi teror di Istanbul, sedangkan otoritas Rusia dan Uzbekistan belum memberikan tanggapan resmi.

Sementara itu, sejumlah pejabat Turki mengakui proses identifikasi mayat ketiga pelaku sempat mengalami hambatan, karena kondisi mayat yang tidak utuh dan adanya kerusakan parah pada mayat pelaku. “Identitas para pengebom bunuh diri masih diperiksa,” sebut pejabat Turki itu.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

4

Karangan Bunga untuk Ahok di Balai Kota Capai Angka 1.000 Buah

Karangan bunga berisi dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terus berdatangan dari …

27

Presenter TV Jadi Korban Tewas Kecelakaan Nahas di Mampang

Korban kecelakaan antara mobil Toyota Avanza yang menabrak truk diketahui berjumlah dua orang. Salah satunya …

10

Ahok Disambut Warga Dengan Bunga di Balai Kota

Kedatangan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke Balai Kota telah ditunggu sejumlah warga. …

Powered by themekiller.com