Kamis , 14 Desember 2017
Home / Silet.Life / Beberapa Manfaat dari Mandi Untuk Tubuhmu

Beberapa Manfaat dari Mandi Untuk Tubuhmu

267

Setiap orang pasti akan terbiasa mandi tanpa disuruh karena sejak kecil memang sudah dibiasakan mandi dua kali sehari. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa mandi fungsinya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, namun tak banyak tahu bahwa ternyata ada banyak alasan dan manfaat lain di balik kebiasaan mandi.

Secara ilmiah, ternyata ada banyak manfaat mengejutkan yang kamu dapatkan jika mandi setiap hari :

Tingkatkan kesehatan jantung
Mandi air hangat di kala tubuh lelah sangat membantu membuat detak jantung rileks. Mandi membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat pembuluh darah berfungsi lebih baik sehingga bisa menyeimbangkan tekanan darah.

Melegakan pernafasan
Mandi juga bisa melegakan hidung, dada dan paru-paru. Ini dipengaruhi oleh temperatur air yang digunakan. Ketika kamu mandi air hangat saat udara dingin, ini membantu meningkatkan asupan oksigen, membantu mengembalikan stamina dan kamu bisa bersantai. Mandi air dingin juga membantu meningkatkan fungsi pernafasan seperti misalnya meningkatkan kapasitas paru-paru, seperti ketika kamu berenang.

Membuat otak, otot dan tulang rileks
Kepala panas memang perlu didinginkan, meski memang tak terlihat merah atau terbakar, tapi kiasan ini benar adanya lho. Kepalamu akan lebih dingin dan mampu melepaskan rasa sakit serta nyeri ketika mandi dalam air dingin. Mandi membantu melepaskan stres pikiran, stres otot dan meningkatkan mood.

Tingkatkan fungsi kesehatan pencernaan
Mandi juga berpengaruh pada sistem pencernaan, mandi air hangat bisa meredakan rasa sakit karena wasir dan membantu mempercepat proses penyembuhan setelah operasi. Selain meningkatkan peredaran darah, mandi air hangat juga melancarkan pencernaan.

Perkuat ketahanan tubuh dari penyakit
Mandi secara umum akan membersihkan tubuh dari kotoran, keringat dan bakteri yang bersarang selama seharian. Secara otomatis, mandi menjaga tubuhmu terhindar dari serangan penyakit dari bakteri. Karena mandi membuatmu merasa santai dan segar sehingga tubuh melepaskan hormon bahagia, hal ini juga membantu meningkatkan imun tubuh.

Menyeimbangkan hormon tubuh
Kondisi semacam sindrom lelah kronis dan beberapa kondisi kesehatan lainnya yang menganjurkan mandi secara khusus akan membantu meredakan penderitaan pasien. Mandi akan membantu melepaskan hormon beta endorfin, serotonin dan hormon menenangkan lainnya sehingga kamu tak merasa stres.

Meningkatkan temperatur tubuh dan menjaga kelembaban
Secara langsung, mandi bisa menurunkan temperatur tubuh yang terlalu hangat dan bisa menjaga kulit serta rambut tetap sehat dan bersih. Temperatur tubuhmu yang nyaman di dalam tubuh akan membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak.

Itu dia manfaat tersembunyi yang dimiliki aktivitas bernama ‘mandi’. Jadi, jangan malas mandi ya.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Cari-Oleh-oleh-Unik-di-Singapura,-Ini-Tempatnya

Cari Oleh-oleh Unik di Singapura Disini Tempatnya

Kamu yang mencari oleh-oleh unik dan tidak biasa dari Singapura, wajib berkunjung ke tempat satu …

Akhir-Pekan,-Menikmati-Kota-Tua-Banda-Aceh

Akhir Pekan, Menikmati Kota Tua Banda Aceh

Akhir pekan di Banda Aceh bisa dihabiskan dengan melakukan banyak hal. Salah satunya adalah berwisata …

Nasib-Galaxy-Note-8-Setelah-Digores,-Dibakar,-Dibengkokkan

Nasib Galaxy Note 8 Setelah Digores, Dibakar, Dibengkokkan

Baru juga dipasarkan, Galaxy Note 8 sudah harus menghadapi siksaan. Seorang reviewer melakukan pengujian goresan, …