Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Silet.Life / Dalai Lama Menyebut Muslim Dengan Teroris Berbeda

Dalai Lama Menyebut Muslim Dengan Teroris Berbeda

194

Kasus penembakan massal klub gay di Orlando, Amerika Serikat pada Minggu (12/6) dini hari memang jadi tragedi kemanusiaan yang serius. Sedikitnya 50 orang yang tewas terbunuh oleh Omar Mir Seddique Mateen. Diketahui, Omar adalah pria berusia 29 tahun yang bersumpah setia dengan ISIS sehingga memicu Islamophobia di kalangan publik Amerika.

Salah satunya adalah Donald Trump, politisi sekaligus pebisnis Amerika yang menyerukan larangan umat Muslim masuk negara adikuasa itu. Menurut Trump, akar masalah terorisme adalah Islam radikal yang anti gay dan anti Amerika. Namun tak semua orang berpikir sesempit Trump, seperti pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama yang menampik semua Muslim berpotensi jadi teroris.

Menurut Dalai Lama, meskipun Omar adalah anak dari pasangan imigran Afghanistan, latar belakang agamanya tak bisa jadi alasan aksi teror mengerikan itu. Secara bijak, Dalai lama meyakini jika di setiap komunitas agama pasti ada umat yang berpotensi jadi jahat, termasuk Buddha.

“Kita tidak bisa menyetarakan mereka semua. Beberapa umat Muslim mungkin saja terlibat dalam serangkaian aksi teror. Tapi lebih baik kita tidak mengatakan jika Muslim adalah teroris. Menurut saya itu salah. Jadi apa dasarnya mengusulkan itu (larangan orang Islam masuk ke AS),” ungkap Dalai Lama, seperti dilansir charlotteobserver.com.

Untuk itu Dalai Lama kembali menekankan pentingnya kerukunan umat beragama yang bisa jadi pondasi kekuatan manusia di Bumi. “Kita tidak bisa memusnahkan lebih dari satu miliar umat Islam di Bumi. Kita harus hidup bersama, itulah kenyataannya. Apa yang dilakukan Amerika terhadap invasi mereka di Irak sebagai imbas kejadian 11 September adalah contoh negatif yang menyebabkan semakin banyak masalah di Timur Tengah sampai hari ini,” lanjut Dalai Lama.

Dalai Lama pun berharap agar semua umat Muslim dan seluruh penduduk dunia bisa saling bersatu dan berdiskusi dengan tenang. “Kekuatan militer Amerika tak bisa mengubah pikiran atau emosi seseorang. Semua hanya bisa diubah lewat persahabatan dan kasih sayang.” Semoga saja seluruh pemimpin di dunia ini berpikir sebijak Dalai Lama ya.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Cari-Oleh-oleh-Unik-di-Singapura,-Ini-Tempatnya

Cari Oleh-oleh Unik di Singapura Disini Tempatnya

Kamu yang mencari oleh-oleh unik dan tidak biasa dari Singapura, wajib berkunjung ke tempat satu …

Akhir-Pekan,-Menikmati-Kota-Tua-Banda-Aceh

Akhir Pekan, Menikmati Kota Tua Banda Aceh

Akhir pekan di Banda Aceh bisa dihabiskan dengan melakukan banyak hal. Salah satunya adalah berwisata …

Nasib-Galaxy-Note-8-Setelah-Digores,-Dibakar,-Dibengkokkan

Nasib Galaxy Note 8 Setelah Digores, Dibakar, Dibengkokkan

Baru juga dipasarkan, Galaxy Note 8 sudah harus menghadapi siksaan. Seorang reviewer melakukan pengujian goresan, …