Rabu , 21 November 2018
Home / Silet.Oto / Honda dan Yamaha Jalin Kerjasama Produksi Skuter di Jepang

Honda dan Yamaha Jalin Kerjasama Produksi Skuter di Jepang

33

Honda dan Yamaha memang masih bersaing ketat saat ini. Tapi dikabarkan, Honda dan Yamaha akan menjalin kerjasama di Jepang untuk memproduksi skuter.

Kabar terkait jalinan kolaborasi antara Honda dan Yamaha disiarkan oleh Nikkei, Rabu (5/9/2016). Disebut, aliansi kedua perusahaan ini akan memberikan manfaat untuk masing-masing pihak. Yamaha akan mengalihkan produksi skuter 50 cc untuk dari Taiwan ke pabrik Honda di Kumamoto, Jepang bagian selatan.

Nikkei menulis, pasar kendaraan roda dua di Jepang telah berkurang sekitar 80 persen sejak tahun 1980-an. Sebab, terdapat perubahan demografi yang telah diambil oleh jalan tol.

Penjualan sepeda motor di Jepang turun hampir 10 persen pada tahun 2015 untuk 406.591 unit. Honda memimpin dengan pangsa pasar 43 persen, diikuti oleh Yamaha pada 27,2 persen dan Suzuki di 12,1 persen.

Saat ini, Yamaha masih mengimpor skuter 50 cc dari Taiwan ke Jepang. Sebanyak 50.000 skuter Yamaha masih diimpor dari pabriknya di Taiwan. Penurunan penjualan skuter memaksa Yamaha untuk mengubah pendekatannya terhadap produksi.

Honda kemungkinan akan mulai memasok skuter Yamaha secara original equipment manufacturer sekitar 2018. Hal ini dipercaya bisa memberikan dorongan terhadap pabrik Honda di Kumamoto dalam kegiatan produksi. Pabrik itu di tahun fiskal 2015 telah memproduksi 156.000 unit motor, meski kapasitasnya mencapai 200.000 unit.

Untuk pengembangannya, dua produsen sepeda motor ini akan bekerjasama pada model skuter 50 cc terbaru serta skuter listrik. Keduanya bertujuan untuk memangkas biaya pengembangan demi memperoleh margin dalam harga di pasar domestik.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Baru-Meluncur-di-Indonesia,-Range-Rover-Velar-Sudah-Ludes-Dipesan

Baru Meluncur di Indonesia, Range Rover Velar Sudah Ludes Dipesan

Meski baru diluncurkan, Range Rover Velar rupanya sudah habis terpesan. PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) …

Ducati-Punya-Mesin-V4-Baru,-Suaranya-Lebih-Sangar

Ducati Punya Mesin V4 Baru, Suaranya Lebih Sangar

Ducati akhirnya meluncurkan mesin terbarunya V4 yang diperuntukkan untuk motor versi jalanannya. Mesin yang disapa …

Kalau-Mau-Batasi-Sepeda-Motor,-Siapkan-Dulu-Alternatifnya

Kalau Mau Batasi Sepeda Motor, Siapkan Dulu Alternatifnya

Keputusan akan diberlakukannya pembatasan ruang gerak kendaraan roda dua di beberapa jalan protokol Jakarta di …