Senin , 23 April 2018
Home / Silet.News / Presiden Baru Myanmar, Htin Kyaw

Presiden Baru Myanmar, Htin Kyaw

530

Ionclub.me – Presiden Myanmar yang baru telah disumpah, dan menjadi pemimpin sipil pertama yang dipilih selama lebih dari 50 tahun.

Htin Kyaw dari Partai Liga Nasional untuk Demokrasi NLD menggantikan Thein Sein, yang memperluas reformasi selama lima tahun masa pemerintahannya.

Meskipun pemimpin NLD Aung San Suu Kyi dilarang UU menjadi presiden, karena memiliki anak dan suami yang berkewarganegaraan asing. Tetapi dia mengatakan akan tetap memerintah melalui ‘wakilnya’. Serah terima jabatan presiden merupakan akhir dari proses transisi terhadap NLD sebagai partai pemenang pemilu pada November lalu

Thein Sein menjadi presiden dalam pemerintahan yang disebut sipil pada 2011 – mengakhiri kekuasaan militer selama beberapa dekade – dan disebut memulai proses reformasi di Myanmar, yang juga dikenal sebagai Burma. Htin Kyaw menang dalam pemilihan presiden di parlemen pada awal bulan ini, mengalahkan kandidat lain dari NLD dan calon yang dinominasikan militer dengan perolehan suara 360 dari 652 suara.

Kandidat lain, Henry Van Thio dan Myint Swe, akan menjadi wakil presiden. Pekan lalu, NLD mengumumkan pemerintahan baru – termasuk Suu Kyi yang akan menjadi menteri luar negeri, kantor presiden, pendidikan energi dan listrik.

Militer tetap mengontrol tiga kementerian – pertahanan, dalam negeri dan hubungan perbatasan. Htin Kyaw, 69 tahun, merupakan orang dekat Suu Kyi. Dia merupakan lulusan universitas di Inggris. Dia memiliki reputasi sebagai sosok yang jujur dan loyal dan rendah hati.

Ayahnya merupakan penulis dan penyair Min Thu Wun, dan menjadi anggota parlemen pada pemilu 1990. Istrinya Su Su Lwin, merupakan anak dari pendiri NLD, dan juga merupakan anggota parlemen, dan anggota partai yang terkenal.

Dia memainkan peran sebagai pejabat senior dalam Yayasan Daw Khin Kyi, yang didirikan untuk menghormati ibu Suu Kyi, dan sering terlihat bersama dengan pemimpin NLD itu, dan melayaninya sebagai supir dari waktu ke waktu.

 

Informasi berita hari ini dan Gossip bisa baca di situs ini !!

Check Also

Keluarga-Militan-ISIS-Dianggap-Berpotensi-Ancam-Keamanan-Australia

Keluarga Militan ISIS Dianggap Berpotensi Ancam Keamanan Australia

Perlakuan terhadap keluarga anggota kelompok ISIS manapun ternyata menimbulkan masalah besar bagi badan keamanan Australia, …

Jokowi-Yakin-Ragam-Bantuan-dari-RI-Tepat-untuk-Keperluan-Rohingya

Jokowi Yakin Ragam Bantuan dari RI Tepat untuk Keperluan Rohingya

Presiden Jokowi melepas pengiriman bantuan untuk etnis Rohingya yang terusir dari Rakhine State, Myanmar. Jokowi …

Jokowi-Hadiri-Dies-Natalis-Unpad-ke-60

Jokowi Hadiri Dies Natalis Unpad ke-60

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan 60 tahun berdirinya Universitas Padjadjaran (Unpad). Jokowi juga akan …