Minggu , 18 Februari 2018
Home / Silet.Ragam / Starbucks Jepang Buat Gelas Kaca Eksklusif dengan Meniru Teknik Edo Kuno

Starbucks Jepang Buat Gelas Kaca Eksklusif dengan Meniru Teknik Edo Kuno

31

Tampilan gelas kaca Starbucks ini begitu mewah dan mahal. Tak lain karena proses pembuatan gelas yang meniru teknik di periode edo.

Periode Edo yang berlangsung tahun 1603-1868 di Jepang memberi banyak cerita. Di masa itu tercipta kedamaian internal, stabilitas politik, dan pertumbuhan ekonomi dibawah gaya kepemimpinan militer diktator oleh Tokugawa Leyasu.

Sementara dari sisi tradisi, terdapat pembuatan gelas kaca oleh Edo Kiriko yang terkenal. Teknik ini melibatkan pembuatan pola-pola kecil di permukaan gelas kaca. Seperti halnya pola yang ditemukan di bahan kimono.

Jika dibawah cahaya pola pada gelas akan berkilau cantik. Rocket News 24 (17/8) melaporkan Starbucks Jepang kini menghadirkan kembali gelas kaca tersebut. Gelas dibuat eksklusif dengan tangan (hand-made) oleh sejumlah tim pengrajin yang terlibat dalam proyek.

32

Adalah Sumida Edo Kiriko Museum yang bertanggung jawab pada proses produksi gelas kaca edisi terbatas ini. Para pengrajin mereka menggunakan seluruh kemampuan dan pengalaman profesional dalam membuat gelas dengan ketebalan dan berat yang tepat.

Hal tersebut penting untuk proses pemotongan gelas nantinya. Saat tampilan gelas sudah sempurna, gelas dibawa ke ruang kerja pengrajin untuk dibentuk menggunakan tangan alias tidak dengan mesin.

Sesuai warna Starbucks, gelas kaca ini memiliki unsur hijau. Tiap gelas menyertakan 3 pola tradisional, yaitu Shippo atau Seven Treasures and Stars yang merupakan pola perlambang keberuntungan tanpa batas.

Hakkaku Kagome atau Octagonal Basket Wave memasukkan unsur garis lurus berbentuk seperti keranjang bambu. Dan Arare atau Hail pada permukaan bawah gelas.

Dengan teknik pembuatan yang rumit, tak heran gelas bervolume 375 mililiter ini jadi gelas termahal yang dijual Starbucks saat ini. Harganya 35.000 yen atau sekitar Rp 4,6 juta termasuk pajak.

Gelas kaca eksklusif hanya tersedia di 4 gerai Starbucks yaitu Tokyo’s Sumida Ward, Kinshicho Marui, Kinshicho Termina 2, dan Tokyo Solamachi East 6F dan Tokyo Solamachi West 1F di Tokyo Skytree.

Informasi berita Silet hari ini dan Gossip Artis bisa baca di situs ini !!

Dapatkan juga berita politik & berita mancanegara di situs ini !

Check Also

Mi-Note-3-Meluncur-Bareng-Mi-Mix-2

Mi Note 3 Disiapkan Untuk Diluncurkan Bersamaan Mi Mix 2

Xiaomi tidak hanya akan merilis Mi Mix 2 dalam waktu dekat. Ponsel Mi Note 3 …

Pembuat-Film-Harus-Melek-Teknologi-360

Pembuat Film Harus Melek Teknologi 360

Seorang sutradara tidak hanya harus piawai mengarahkan film. Mereka pun harus mengikuti dan memahami kemajuan …

Naik Jet Pribadi dari Singapura, Luhut Jajal Bandara Silangit

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan ‘mendaratkan’ penerbangan internasional di Bandara Silangit, Sumatera Utara, …